Masa Depan Langitku

Langit Biruku
Langit biru adalah sebuah mimpi yang cerah dimana warna sebuah langit ditentukan oleh kualiatas udara yang sejuk dan terbebas dari polusi udara. Langit Biru adalah sebuah impian, dimana saat kita melihat langit yang biru dengan hiasan awan putih, maka mata dan suasana hati yang kelam berubah seketika menjadi ceria dan jernih. Mungkin pada hari ini langit kita ini masih tetap biru, tetapi 10 tahun lagi, 20 tahun lagi, ataupun 100 tahun lagi, masihkan langit kita ini biru?, mungkin saja iya atau mungkin saja tidak.

Polusi adalah sebuah ancaman terbesar bagi langit kita ini, karena polusi bisa membuat langit kita ini menjadi kelam, gelap dan suram. Benih utama polusi adalah kendaraan bermotor, dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor yang ada, maka sebuah mimpi masa depan yang cerah akan hancur berkeping-keping.

Sangat mudah bagi siapapun itu untuk memimpikan sesuatu, namun sangat sulit untuk merealisasikannya atau menjadikannya hal yang nyata. Sama juga halnya seperti memimpikan masa depat sebuah langit yang biru, sehat dan cerah, sangat mudah untuk dimimpikan namun sangat sulit untuk mewujudkannya. Namun apapun itu, apabila dilakukan dengan usaha yang sungguh-sungguh maka, kita akan semakin dekat dengan mimpi tersebut. Dalam hal ini, sebuah usaha tentunya bukan hal yang seharusnya  dilewatkan begitu saja, usaha itu penting dalam mewujudkan masa depan langit yang kita semua impikan. Saat ini di Indonesia PT. PERTAMINA sedang mengupayakan untuk meningkatkan kualitas udara yang lebih terjaga, lebih sehat dan langitpun tetap biru, dengan salah satunya adalah meningkatkan kualitas BBM dari Premium (RON 88) menjadi Pertamax (RON 92). Research Octane Number atau Angka oktan ini menunjukkan kualitas dari BBM tersebut, dimana semakin tinggi nilai oktan, maka akan semakin sulit bahan bakar tersebut untuk terbakar. Pertamax ini tidak mengandung timbal sehingga melalui pemakaiannya maka akan lebih ramah lingkungan.

Premium vs Pertamina

Proyek kilang PERTAMINA dalam meningkatkan kualitas BBM ini pastinya sudah dipikirkan dengan matang, untuk apa dan bagaimana pengaruh nya, dan pastinya tujuan dari proyek ini adalah untuk masa depan kita semua. Kita sebagai masyarakat yang merupakan komponen pendukung dari sebuah Negara harus ikut berperan dalam proyek tersebut demi masa depan langit yang cerah, salah satunya dengan cara menghilangkan kebiasaan untuk menggantungkan penggunaan bahan bakar premium. Memang dari segi harga, pertamax itu harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan premium, tetapi apa salahnya bukan? jikalau itu untuk kesehatan kita bersama.

Selain dari segi oktan, Pertamax juga memiliki keunggulan yaitu akibat dari oktan yang tinggi, menyebabkan ketukan yang dihasilkan semakin rendah dan pengaruhnya adalah kendaraan akan lebih awet apabila dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan premium yang ketukannya lebih banyak. Inilah yang sudah diperhitungkan oleh pemerintah, yaitu banyaknya keunggulan dari Bahan Bakar pertamax bila dibandingkan premium terutama dari segi keramahan lingkungan yang jauh lebih ramah dengan menggunakan pertamax dari pada premium.

Nah, untuk itu marilah kita ikut menjadi bagian dari Generasi Biru yaitu generasi milenial yang mementingkan kualitas hidup untuk kehidupan di masa mendatang yang lebih baik. Saat ini di era 2000-an, sangat jarang orang yang memikirkan tentang kehidupannya dan juga sangat jarang orang yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Perilaku generasi yang seperti ini lah yang amat sangat memprihatinkan, padahal kepedulian terhadap lingkungan di sekitar ini juga akan mempengaruhi kondisi diri kita sendiri, ya tentunya dari segi kesehatan yang ada. Seorang pemimpin tentunya tak akan berhasil memimpin, tanpa peran dan dukungan dari anggota-anggotanya. Maka dari itu mari ubah mindset kita untuk lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar, sehingga, usaha dari pemerintah tidak akan ada yang namanya sia-sia.

Kehidupan yang masa datang ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini, jika hari ini kita berbuat baik maka hasilnya akan baik pula, namun apabila kita berbuat buruk maka hasilnya juga akan buruk, seperti itu juga perilaku kita terhadap lingkungan, jika hari ini kita berbuat baik pada lingkungan, maka di masa depan kita juga akan mendapatkan hasil yang baik dari lingkungan itu, dan juga sebaliknya.

Masa depan langit ada di tangan kita semua, sebuah masa depan yang cerah, optimis, dan penuh dengan harapan-harapan baru telah siap menanti kita pada waktunya nanti, saat tiba waktunya tersebut bayangkan bagaimana kehidupan kita di masa depan, yang jauh berbeda dari masa kini, dimana saat ini udara lingkungan kita sudah sangat tercemar oleh polusi udara. Benar-benar tak bisa dibayangkan, dimana di masa depan, setiap nafas yang kita hirup adalah harga yang tak akan bisa kita bayar dengan apapun, karena kesehatan itu mahal harganya. 

"Jagalah langit agar tetap biru, karena langit tak akan selamanya menjadi biru bila kita sendiri tak mampu untuk membirukannya"

#GENLANGITBIRU

Previous
Next Post »